20 Februari 2013

CERITA ANAK

CERITA ANAK
Oleh: Cindy R (Andy)

       Pada hakikatnya semua orang menyukai karya sastra baik karya sastra berupa novel, novelete, drama, drama komedi, teater, cerita dewasa atau orang tua serta cerita anak. Dalam perkembangannya, karya sastra sudah ada sejak jaman dahulu pada masa-masa terkenalnya karya babad. Babad tanah jawi misalnya yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang ada pada tanah jawa beserta sisilah kerajaan yang ada di tanah jawa. Membaca karya sastra terutama cerita anak dapat mengetahui kehidupan yang terjadi pada anak-anak. Mursini (2010:6) berpendapat bahwa karya sastra misalkan cerita anak dapat memperoleh, mempelajari dan menyikapi berbagai persoalan hidup dan kehidupan manusia dan kemanusiaan. Buku cerita anak yang ditulis oleh anak-anak merupakan hasil refleksi penulis (anak) terhadap apa yang dialaminya dan dituangkan kedalam buku cerita yang berupa buku cerita anak. Hal tersebut dapat menghasilkan berbagai macam keanekaragaman cerita anak beserta nilai-nilai kehidupannya.

PENGERTIAN CERITA ANAK
      Karya sastra merupakan refleksi dari kehidupan. Dalam buku sastra anak-anak dilukiskan berbagai aspek kehidupan anak. Cerita anak merupakan cerita yang ditunjukkan oleh anak-anak serta mengisahkan tentang kehidupan anak-anak. Siapapun tidak dilarang membaca cerita anak serta tidak harus anak membaca cerita anak, orang dewasa membaca cerita dewasa sedangkan remaja membaca cerita tentang remaja. Akan tetapi orang dewasa boleh membaca cerita anak-anak bahkan remaja pun juga tidak dilarang membaca cerita anak-anak.
      Hardjana (2006:2) mengemukakan bahwa Cerita remaja adalah cerita yang ditunjukan untuk kaum remaja begitupula dengan cerita dewasa adalah cerita yang ditunjukkan kaum dewasa. Cerita anak-anak atau cerita anak adalah cerita yang ditunjukkan untuk anak-anak dan bukan cerita tentang anak. Cerita remaja yang ditunjukkan untuk kaum remaja berupa sebuah buku novel dan cerpen. Cerita untuk kaum remaja biasanya mengisahkan peristiwa masa-masa romantisme dengan kekasihnya atau pacarnya tapi ada juga yang mengisahkan tentang peristiwa pertualangannya. Cerita dewasa yang ditunjukkan pada kaum dewasa biasanya mengisahkan peristiwa-peristiwa tokoh biografi serta bacaan berat lainnya.
        Bacaan dewasa hampir mengarah ke peristiwa sesungguhnya seperti biografi tokoh serta bacaan cerita semi-semi ilmiah seperti bacaan tentang dektetiv. Tapi berbeda jauh dengan cerita anak dimana cerita itu ditunjukkan pada anak yang mengisahkan tentang peristiwa yang sering anak-anak lakukan pada kehidupan sehari-harinya. Peristiwa yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari rangsangan lingkungan, pengaruh pertemanan serta pengaruh hubungan keluarga si anak.
       Membaca buku cerita anak dapat mengetahui berbagai persitiwa yang terjadi pada anak serta dapat mengetahui kejadian-kejadian yang dialami pada anak. supriatno (tanpa tahun:160) berpendapat bahwa cerita anak adalah karangan yang menyajikan bagaimana terjadinya suatu hal, peristiwa, kejadian dan sebagainya yang ditujukan untuk anak-anak (menggunakan bahasa, tema, alur cerita dan tokoh yang sesuai dengan anak-anak). Peristiwa-peristiwa itu di khususkan pada anak-anak dimana anak-anak masih mengalami fase suka bermain serta keinginan tahuanya akan sesuatu masih tinggi. Selain itu membaca buku cerita anak dapat mengetahui gambaran kehidupan anak. Buku sastra anak-anak terutama ditujukan agar anak-anak bisa memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-harinya karena karya sastra, khususnya buku sastra merupakan gambaran kehidupan pada anak-anak sehari-hari pada umumnya, juga menggambarkan masalah dan solusi yang dihadapi anak-anak (Rahim, 2007:92).

DAFTAR RUJUKAN

Supriatno, A. Tanpa tahun. Bahasa Indonesia Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. (Online).  http://books.google.co.id/books?id=Zbje_…), diakses 9 April 2012.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Hardjana, HP. 2006. Cara Mudah Mengarang Cerita Anak-anak, (Online).  chttp://books.google.co.id/books?id=ltg-…), diakses 26 Maret 2012.
Mursini. 2010. BimbinganApresiasiSastraAnak-anak. (Online). http://books.google.co.id/books?id=266Fl…), diakses 12 Maret 2012.

Tidak ada komentar: