20 April 2009

Karya MAGREDASI Community (2008)


BELAJAR DARI KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TAWANG RT 06 RW 02 WATES – KEDIRI PADA MASA ORDE BARU UNTUK MERAIH SUKSES DI ERA REFORMASI
oleh :
CINDY REICHMANN
RIZKY NUGROHO PRIHANANTO
MANGILIWATI WINARDI
       
Keadaan sosial ekonomi pada masa kepemimpinannya Bapak Soeharto dianggap bagus oleh masyarakat setempat. Di sektor ekonomi lebih menitikberatkan pada pembangunan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mengenai keadaan sosial jarang sekali terjadi demo-demo massa dalam masa kepemimpinan Bapak Soeharto.

Pengaruh masyarakat mengenai keberhasilan Bapak Soeharto dalam membangun keadaan sosial ekonomi masyarakat di orde baru membuat masyarakat reformasi iri akan keberhasilan Bapak Soeharto. Sebagian anggota masyarakat di era reformasi menjelekkan Bapak Soeharto, sebagian tidak. Untuk mengungkap kebenaran mengenai keadaan sosial ekonomi di masyarakat ketika zaman orde lama dilakukan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan metode penyebaran angket.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90 % masyarakat di desa percaya akan keberhasilan Bapak Soeharto dalam mengantarkan Indonesia sebagai swasembada pangan dan pembangunanya. Berdasarkan pernyataan tersebut di harapkan setiap anggota masyarakat baik di desa maupun di kota untuk menghormati Bapak Soeharto.

Karya tulis dalam bidang IS tersebut berhasil masuk tingkat jawa timur yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang Tahun 2008.
Good Luck buat KIR MAGREDASI, Organisasi Kir yang baru dirintis pada tahun 2009, dan mengharumkan nama SMAN 3 KEDIRI sekaligus mengharumkan nama kota Kediri Kota tahu. Semoga KIR MAGREDASI membawa perubahan dalam dunia karya tulis. amiiinnn....

Divisi KIR MAGREDASI

DIVISI KEGIATAN

Divisi kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAGREDASI SMA Negeri 3 Kediri terdiri atas 9 (tujuh) divisi sesuai dengan tugas dan bidangnya masing-masing. Adapun ketujuh divisi kegiatan beserta tugasnya tersebut adalah:

1 Divisi Matematika

• Mengadakan kegiatan rutin Matematika dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

2 Divisi Fisika

• Mengadakan kegiatan rutin Fisika dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

3 Divisi Kimia

• Mengadakan kegiatan rutin Kimia dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

4 Divisi Biologi

• Mengadakan kegiatan rutin Biologi dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

5 Divisi Komputer

• Mengadakan kegiatan rutin Komputer dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Mengembangkan Website KIR
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

6 Divisi Astronomi

• Mengadakan kegiatan rutin Astronomi dengan jadwal yang telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan 

7 Divisi Sosial Bahasa

• Mengadakan kegiatan rutin mengenai Sosial Bahasa dengan jadwal yang telah
  ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

8 Divisi Sosial Ekonomi

• Mengadakan kegiatan rutin mengenai Sosial Ekonomi dengan jadwal yang
  telah ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

9 Divisi Sosial Politik

• Mengadakan kegiatan rutin mengenai Sosial Politik dengan jadwal yang telah
  ditetapkan
• Melaksanakan kegiatan insidentil
• Menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan

NB : Masing-masing divisi mempunyai Ketua.

penjelasan :

mengenai divisi hanya di fokuskan menjaring siswa yang memiliki bakat khusus. dan bakat tersebut bisa di tularkan ke orang lain. misalkan siswa x memiliki bakat komputer sedangkan siswa y memiliki bakat ekonomi. kedua siswa tersebut mempunyai satu bakat masing-masing, akan tetapi siswa x dan y jika bekerja sama kedua siswa tersebut akan memiliki kedua bakat. siswa x memiliki bakat komputer sekaligus bakat ekonomi, sebaliknya siswa y juga memiliki bakat tersebut.

Dewan Penasihat

Penjelasan tentang Dewan Penasehat (DP)


1 Jangka waktu kepengurusan DP berlaku selama satu periode kepengurusan KIR MAGREDASI    SMA Negeri 3 Kediri.
2  Pengurus DP terdiri dari Demisioner KIR kelas XII, yaitu siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 3     Kediri yang telah pernah menjadi anggota KIR MAGREDASI SMA Negeri 3 Kediri dan                   bersedia menjadi pengurus Dewan Penasehat.
3 Anggota DP terdiri dari alumni SMA Negeri 3 Kediri yang telah berkiprah di KIR                            MAGREDASI selama menjalani pendidikan di SMA Negeri 3 Kediri dan bersifat sukarela.
4 Pengurus DP terdiri dari siswa-siswi yang sudah tamat belajar di SMA yaitu Mahasiswa, LSM       yang merupakan alumni SMAN 3 Kediri
5 Dewan Penasehat bertugas untuk memberikan saran, nasehat dan pertimbangan kepada              Dewan Harian baik diminta maupun tidak.


About KIR MAGREDASI

Sejarah Berdirinya KIR MAGREDASI


KIR MAGREDASI SMAN 3 KEDIRI
MAGREDASI berasal dari beberapa gabungan kata yang mengandung nilai spiritual, kemajuan, perbaikan, dan disiplin waktu.  KIR MAGREDASI terbentuk pada tahun 2009 tepatnya tanggal 1 April 2009.

MAGREDASI, 
MA berasal dari kata MAGI yang artinya adalah sesuatu atau cara tertentu yang diyakini dapat menimbulkan kekuatan gaib dan dapat menguasai alam sekitar, termasuk alam pikiran dan tingkah laku manusia.
GRE berasal dari kata PROGRESIF yang artinya adalah berhaluan kearah perbaikan atau kemajuan.
DA berasal dari kata SWASEMBADA yang artinya adalah usaha untuk mencukupi kebutuhan sendiri.
SI berasal dari kata PERSEPSI yang artinya adalah tanggapan, pandangan atau penerimaan langsung dari suatu hal.